Welcome To 2n.net Gorontalo Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2013 dan terimakasih telah mengunjungi blog ini tnks


Minggu, 01 Juli 2012

Membuat Animasi Teks Dengan Photosop

Gampangkah Photoshop membuat tulisan bergerak alias Animasi?Mari kita bahas sama-sama, setujuuuuu…??? Pada tengah malam yang sunyi diiringi suara jangkrik (maklum rumahku khan mewah, bukan bergeming harta dan berlian melainkan Mepet Sawah… hehehhe…), lho kok cerita rumah…

Lanjutkan pada tutorial tutorial Photoshop kali ini akan membahas bagaimana cara membuat efek tulisan bergerak ( animasi ) dengan format file gif. Pada awalnya animasi ini dibuat dengan program photoshop, kemudian proses pembuatan animasinya dengan menggunakan Adobe Image Ready. Jika photoshop yang digunakan adalah versi CS3, CS4 atau CS5 maka animasi ini bisa dibuat langsung dengan Photoshop, tanpa harus menggunakan image ready. Dan kali ini saya gunakan Photoshop CS4.

Ikutilah langkah-langka berikut ini :

  • Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop yang ukuran file bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, kali ini saya menggunakan ukuran 468 x 60 pixel; 72 dpi; RGB. Dan bisa diliat hasilnya pada tutorial Membuat Efek Air Pada Teks Photoshop.

  • Mulai membuat animasi
Jika Anda menggunakan versi Photoshop CS3, CS4, CS5:
Pilih menu Window > Animation


Diprogram photoshop anda akan Anda terlihat sebuah palet panjang di sebelah bawah (bentuktampilan relatif sama baik pada Image Ready ataupun Photoshop CS4).


  • Geser tulisan hingga ke sebelah kiri luar dari background, hingga seluruh tulisan tidak nampak.


  • Langka berikutnya, klik icon Duplicate current frame.


  • Sekarang ada 2 frame pada palet Animation. Pastikan yang terpilih sekarang adalah frame kedua atau hasil duplikat tadi diatas. Teruskan pergeseran teks seperti diatas hanya sekarang posisi arah terbalik (ke kiri) hingga keluar dari background.

Klik icon Tweens animation frames.


Adapun fungsi dar penggunaan Tween ini yakni untuk mempermudah pembuatan frame-frame animasi. Tween akan menambahkan frame secara otomatis berdasarkan perbedaan posisi, ukuran, tranparansi, dan efek pada obyek. Maka akun muncul form seperti ini


Pada kotak dialog ini, kita bisa mengatur:

Tween with: digunakan untuk memilih frame mana yang akan kita gunakan sebagai dasar animasi berdasarkan frame yang aktif. Karena kita aktif pada frame kedua, maka yang tepat adalah Previous Frame.
Frame to Add: digunakan untuk memilih jumlah frame yang akan ditambahkan. Semakin banyak jumlah frame, animasi akan semakin nampak halus, tetapi ukuran file hasil jadinya akan semakin besar.
Layers: digunakan untuk memilih animasi pada antara semua layer, atau hanya pada layer yang aktif saja.
Parameters: digunakan untuk memilih jenis perubahan obyek yang digunakan sebagai dasar animasi

  • Pekerjaan ini hampir selesai, aku ngopi dulu ya… ngantuk baget tapi tangung dech… Klik icon Plays/stops animation

Wah ternyata Animasinya udah jadi, tinggal kecepatan yang anda inginkan masing-masing (klik dibawah frame)

Jika pengaturan kecepatan ini akan dilakukan pada banyak frame sekaligus, maka klik sebuah frame, kemudian tekan dan tekan tombol Shift, lalu klik frame yang lain. Bisa juga dengan Ctrl + klik frame yang lain. Setelah terpilih banyak frame sekaligus, baru ubah kecepatannya.

Pengubahan kecepatan animasi akan berlaku pada semua frame yang terpilih.Untuk menyimpan hasil animasi, pilihlah menu File > Save Optimized pada Adobe ImageReady.
Atau File > Save for Web & devices pada Photoshop CS3, CS4 dan Ce-Es Esan. Pastikan format file yang dipilih adalah gif.Berikut ini adalah hasil dari tutorial ini, sebuah tulisan dengan efek gerak yang disimpan dengan format file gif.

 Contoh Lainnya...
Ternyata capek juga yah….. dah dulu ya, kit lanjutkan kapan-kapan lagi karena mata mulai ngantuk, badan mulai capek dan apalgi uda ada panggilan adzan subuh….. Semogfa bermanffat..Silahkan dicoba dan digunakan sebagai tambahan materi belajar photoshop. Berikut ini ada 2 buah contoh file lain. Silahkan dicoba sendiri juga untuk membuat seperti gambar-gambar berikut ini.




Sumber : kang-onk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
WELCOME TO BLOG 2N.NET............................................................................................................................................................................SEMOGA ISI BLOG INI BERGUNA BAGI KITA SEMUA
 
Logo Design by FlamingText.com

Tukeran Banner

2n.net Gorontalo
eXTReMe Tracker
Protected by Copyscape Original Content Checker Free Flash Cursors at www.totallyfreecursors.com

Map

Pengikut

free counters

Baner Sahabat

plaNETWORK TKJ GORONTALO83.CO.CC
Situs Cool Text Baner
tutorial ilmu desain grafis