Welcome To 2n.net Gorontalo Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2013 dan terimakasih telah mengunjungi blog ini tnks


Jumat, 15 Juni 2012

5 Ciri Password Mudah Dibobol




Sudah beranggapan bahwa password Anda unik dan kuat? Jangan salah, ternyata ada setidaknya 30 password yang paling banyak dipakai oleh user internet. Peretasan 6.458.020 password LinkedIn oleh hacker Rusia belum lama ini dapat dipetik sebagai pelajaran berharga. Firma keamanan komputer Rapid7 mengungkap password yang paling mudah dibobol di kasus peretasan social media tersebut. Ternyata ada banyak user yang menggunakan password “pasaran” atau yang paling sering dipakai.

“Link” adalah password yang paling mudah ditebak, dan banyak digunakan. Lalu ada “work”, dan “job”, password yang sangat terkorelasi dengan jenis situs LinkedIn, yaitu situs karier.

Banyak juga yang membuat password “god”, “angel” dan “jesus”. Nomor yang paling sering dipakai sebagai password adalah “1234? dan “12345?.

Berkaitan dengan penemuan daftar password yang paling mudah diretas, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat membuat password:

1. Perhatikan bahasanya

Kata “f*ck”, “b*tch”, dan “d*ck” ternyata cukup banyak dipilih sebagai password. Dari pemilihan kata ini bisa diduga seperti apa usernya. Cobalah untuk tidak memakai kata jorok atau makian dalam membuat password, sebab saat password itu diketahui, akan membuat malu si user.

2. Mudah diterka

Password akun LinkedIn yang bobol adalah “link”, “job,”, dan “work”. Ini sangat mudah diterka berkaitan dengan konten situs tersebut, yakni situs tentang karir. Coba jangan membuat password semacam itu. Jangan menghubungkan isi konten dengan password.

3. Urutan angka

Password berupa urutan angka biasanya adalah password default yang diberikan suatu layanan aplikasi. “1234”, “12345” atau dibalik menjadi “54321”. Jangan menggunakan password yang sangat mudah ditebak seperti ini ketika kita diberi kebebasan untuk kreatif dalam menyusun password.

4. Terlalu pendek

Ada alasan kenapa sejumlah layanan online mewajibkan kita membuat password minimal terdiri dari 6 katakter, yaitu agar menyulitkan hacker menebaknya. Makin sedikit karakternya, makin besar kemungkinan ditebak. Maka jangan membuat password yang hanya terdiri dari 3 atau 4 karakter seperti “job” dan “love”. Makin panjang sebuah password, makin kuat. Dan pakailah kombinasi huruf dan angka, seperti “g1rly0uknow1t”, yang membuatnya kian sulit diretas.

5. Cinta tak selamanya bagus

Orang yang dimabuk cinta dengan mudah membuat password sederhana seperti “love” atau “iloveyou”. Itu adalah jenis password yang tergolong mudah dibobol hacker.

Nah, apakah password Anda termasuk di daftar itu? Ayo segera ganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
WELCOME TO BLOG 2N.NET............................................................................................................................................................................SEMOGA ISI BLOG INI BERGUNA BAGI KITA SEMUA
 
Logo Design by FlamingText.com

Tukeran Banner

2n.net Gorontalo
eXTReMe Tracker
Protected by Copyscape Original Content Checker Free Flash Cursors at www.totallyfreecursors.com

Map

Pengikut

free counters

Baner Sahabat

plaNETWORK TKJ GORONTALO83.CO.CC
Situs Cool Text Baner
tutorial ilmu desain grafis