Welcome To 2n.net Gorontalo Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2013 dan terimakasih telah mengunjungi blog ini tnks


Selasa, 29 Mei 2012

Memasang Screensaver Blog Versi 2


Screensaver blog atau biasa disebut energy saving mode merupakan kode script yang diperkenalkan pertama kali oleh onlineleaf dalam gerakan kampanye save green environtment (hemat energi). Fungsi dari kode script ini, yaitu untuk membuat website atau blog berjalan dengan mengkonsumsi energi yang lebih sedikit dengan cara menutup tampilan blog saat sedang idle (diam tanpa ada aktivitas) dengan warna hitam dan gelap.

Penghematan energi pada tampilan monitor baik tabung CRT, LCD dan Plasma, yaitu dengan menampilkan warna hitam gelap, kenapa saya bilang warna hitam gelap karena warna hitam dapat juga dihasilkan dengan pencampuran warna dari RGB (Red-Green-Blue) sehingga tetap menghasilkan arus listrik walaupun warnanya hitam. Karena tujuan dari energy saving mode adalah untuk menghemat energi berarti warna hitam yang digunakan adalah warna hitam tanpa ada campuran RGB jadi saya sebut hitam gelap. Warna hitam gelap pada layar monitor dihasilkan dengan meniadakan arus listrik penghasil warna pada layar monitor sehingga dengan mematikan arus listrik ini kita sudah menghemat energi dan mengurangi emisi CO2 untuk konsumsi penggunaan listrik pada layar monitor. Penghematan yang dilakukan memang tidak terlalu signifikan tapi kalo dikali dengan pengguna komputer di seluruh dunia... lumayankan penghematannya....

Kode script energy saving mode menggunaan library JQuery jadi pastikan JQuery yang sobat pasang tidak terjadi konflik dengan kode script energy saving mode. Untuk menghindari konflik coba gunakan kode <script>jQuery.noConflict();</script> dan pasang di atas kode </Html> pada kode HTML template sobat.

Screensaver yang dibuat onlineleaf hanya menggunakan warna dan style yang sederhana, karena memang fungsinya yang dibuat untuk gerakan hemat energi. Pada postingan artikel kali ini saya akan menampilkan screensaver versi 2 dengan warna dan style yang bisa di konfigurasi supaya biar lebih energik dan menarik, selain itu screensaver versi 2 ini bisa disesuaikan dengan tema warna template blog yang digunakan. Penasaran-kan... seperti apa sich screensaver blog versi 2 ini... coba lihat contohnya pada link di bawah ini :
  1. Screensaver 01
  2. Screensaver 02
  3. Screensaver 03
Cara Pemasangan :
  • Login ke blog sobat...
  • Klik "Design" kemudian klik "Edit HTML" setelah itu klik centang pada "Expand Widget Templates", seperti gambar dibawah ini.

  • Cari kode </Head> pada template blog (tekan tombol keyboard CTRL+F untuk menampilkan kotak pencarian di browser dan mempercepat pencarian) kemudian copy kode di bawah ini dan taruh di atas kode </Head> tersebut. Penempatan kode di bawah ini juga bisa ditempatkan sebagai widget sidebar atau widget upbar.

    <!-- Screen Saver -->
    <script>
    var ssBGImg = "none";
    var ssBGColor = "monozcore";
    var ssTextColor = "white";
    var ssInactivity = 10000;
    var ssImgUrl = "http://lh6.googleusercontent.com/-o_3ZIXjWcNU/T5gXHjRvejI/AAAAAAAABuk/2JE6-jzyH2Q/s800/donkey_kong.png";
    var ssBlogName = "MonozCore";
    </script>
    <script src='http://monozcore-project.googlecode.com/files/screensaver204b.js' type='text/javascript'>
    </script>
    <!-- End Screen Saver -->

    - Keterangan :
    • var ssBGImg merupakan variabel untuk memasang gambar background screensaver. Untuk menggunakan gambar pada background silakan masukan url gambar yang ingin digunakan. Saran saya jangan menggunakan gambar dengan ukuran file lebih dari 50 Kb karena akan memberatkan waktu loading blog.
    • var ssBGColor merupakan variabel untuk warna background. Warna background dapat menggunakan teks warna standar HTML (black, blue, yellow) atau dalam kode hex (#ffffff, #fAFb17, #619bb99). Untuk warna background seperti yang digunakan MonozCore gunakan teks warna "monozcore".
    • var ssTextColor merupakan variabel untuk warna text. Warna text dapat menggunakan teks warna standar HTML (black, blue, yellow) atau dalam kode hex (#ffffff, #fAFb17, #619bb99).
    • var ssInactivity merupakan variabel untuk waktu start idle. Lamanya waktu untuk memulai screensaver. Satuan waktu yang digunakan dalam milisecond.
    • var ssImgUrl merupakan variabel untuk gambar screensaver. Untuk menggunakan gambar pada screensaver silakan masukan url gambar yang ingin digunakan. Saran saya jangan menggunakan gambar dengan ukuran file lebih dari 50 Kb karena akan memberatkan waktu loading blog.
    • var ssBlogName merupakan variabel untuk nama blog copyright. Nama yang akan tampil pada teks copyright.
  • Klik "Save" dan lihat hasilnya...
.: Semoga Bermanfaat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
WELCOME TO BLOG 2N.NET............................................................................................................................................................................SEMOGA ISI BLOG INI BERGUNA BAGI KITA SEMUA
 
Logo Design by FlamingText.com

Tukeran Banner

2n.net Gorontalo
eXTReMe Tracker
Protected by Copyscape Original Content Checker Free Flash Cursors at www.totallyfreecursors.com

Map

Pengikut

free counters

Baner Sahabat

plaNETWORK TKJ GORONTALO83.CO.CC
Situs Cool Text Baner
tutorial ilmu desain grafis